Telinga merupakan organ tubuh yang fungsinya tak kalah penting. Jika Anda mengalami masalah dengan telinga tentu akan mengganggu berbagai aktivitas nantinya. Salah satu masalah yang sering terjadi adalah telinga terasa gatal. Berikut penyebab telinga gatal dan cara untuk mengatasinya sesuai penyebab terjadinya.

1. Penumpukan Kotoran

Telinga Anda bisa terasa gatal disebabkan karena terjadinya penumpukkan kotoran telinga. Bisa karena tubuh yang terlalu banyak memproduksinya atau Anda yang jarang membersihkan telinga. Cara mengatasinya dengan melakukan pembersihan kotoran telinga menggunakan cotton bud yang berbahan lembut dan dilakukan secara perlahan

2. Kulit Kering

Kulit kering dapat menjadi penyebab Anda mengalami telinga gatal. Hal ini terjadi karena kulit telinga tidak memproduksi kotoran yang semestinya berfungsi sebagai pelumas. Bahkan Anda bisa menemukan kulit yang mengelupas dari dalam telinga saat menggunakan cotton bud. Cara mengatasi penyebab ini dengan memastikan Anda tidak mengalami dehidrasi.

3. Dermatitis Saluran Telinga

Penyebab telinga gatal juga bisa terjadi karena Anda mengalami dermatitis saluran telinga yang akibatnya menimbulkan peradangan di dalam telinga. Penyebab ini terjadi karena reaksi alergi dari penggunaan perhiasan atau produk kecantikan.

Cara mengatasi penyebab ini dengan menghentikan pemakaian produk kecantikannya. Menghindari penggunaan perhiasan yang membuat Anda mengalami alergi dan tidak memasukkan apapun ke dalam telinga yang bisa menyebabkan iritasi.

4. Otitis Eksterna

Penyebab telinga gatal juga disebabkan karena Anda mengalami otitis eksterna. Sebuah kondisi di mana terjadinya infeksi pada bagian saluran yang menghubungkan lubang telinga luar dan gendang telinga. Faktor yang menjadi pemicunya, salah satunya karena Anda terlalu lama berenang.

Ada air di dalam saluran telinga yang menjadi sarana berkembangbiaknya bakteri serta jamur. Gatal yang dirasakan disertai dengan nyeri. Selain itu juga dapat terjadi karena cuaca yang terlalu panas dan lembap. Cara mengatasi otitis eksterna ini dengan menggunakan obat tetes telinga yang mengandung asam asetat agar dapat mencegah pertumbuhan kuman dan jamur.

Bisa dengan antibiotik yang akan mencegah infeksi bakteri menjadi semakin parah. Pilihan lainnya Anda bisa menggunakan obat anti jamur jika penyebabnya keseringan masuknya air. Pilihan lainnya menggunakan obat Kortikosteroid yang akan meredakan bengkak dan radang pada telinga.

5. Psoriasis

Jangan diabaikan telinga yang gatal juga bisa disebabkan Anda mengalami Psoriasis. Sebuah penyakit kronis yang menyerang kulit dengan gejala ruam kemerahan, mengelupas, kulit terasa menebal, kering, dan bersisik. Masalah telinga ini bisa terjadi sejak usia 15 tahun sampai usia 50 tahun ke atas. Cara mengatasi penyebab telinga ini dengan pemeriksaan ke dokter THT.

6. Rhinitis

Hidung dan telinga merupakan organ yang saling berhubungan. Telinga gatal juga bisa disebabkan karena Anda mengalami rhinitis yaitu peradangan pada lapisan rongga hidung karena mengalami alergi. Akibatnya telinga akan terasa sangat gatal. Cara mengatasinya dengan mengonsumsi obat rhinitis dari resep dokter atau membelinya di apotek.

7. Otomikosis

Telinga gatal yang penyebabnya adalah infeksi jamur. Risiko ini terjadi pada Anda yang suka terlalu lama berenang atau memiliki aktivitas lebih banyak di air. Jika mengalami gatal karena penyebab ini cara mengatasinya dengan obat tetes seperti clotrimazole atau bisa juga obat oral seperti itraconazole atau fluconazole.

Itu beberapa penyebab telinga gatal yang bisa saja terjadi. Dari hal sepele sampai serius, jadi Anda tidak boleh mengabaikan kondisi telinga yang terus menerus terasa gatal. Lakukan pemeriksaan secara cepat ke bagian THT apalagi jika rasa gatal sudah mempengaruhi fungsi telinga untuk mendengar. Lebih cepat mengetahui penyebabnya akan lebih mudah diobati.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here