Regulasi dan Peraturan Impor Kosmetik ke Indonesia

  • Whatsapp

regulasi-dan-peraturan-impor-kosmetik-ke-indonesia

Sebagai salah satu negara yang menjadi target ekspor, adanya jasa pengiriman barang dari Inggris ke Indonesia memang sangat dibutuhkan oleh para importir. Sebab populasi yang besar dan luas serta daya beli masyarakat yang tinggi membuat bisnis impor di Indonesia bisa mendatangkan keuntungan besar.

Read More

Salah satu produk yang laku di pasaran tanah air adalah kosmetik. Tingginya daya beli masyarakat pada produk kosmetik luar negeri membuat bermunculan importir-importir yang mendatangkan berbagai kosmetik dari luar negeri. Namun, ternyata memasukkan kosmetik ke dalam negeri tidak mudah, perlu langkah khusus dalam melakukannya.

5 Langkah Impor Kosmetik di Indonesia

Dalam mengimpor kosmetik dari luar negeri tidak bisa sembarangan. Pemerintah Indonesia sudah membuat berbagai aturan tegas yang harus diikuti oleh semua importir. Berikut 5 langkah mengimpor kosmetik ke Indonesia:

1. Langkah Awal Importir

Salah satu syarat yang harus dipenuhi importir kosmetik adalah mengikuti peraturan pemerintah, yaitu perusahaan yang mengekspor produk ke Indonesia harus punya agen lokal sebagai perwakilan. Oleh sebab itu, importir harus membina koneksi dengan agen atau perwakilan produk sebagai langkah awal.

Agen lokal ini aka membantu importir dalam mendapatkan izin impor sehingga dapat membawa produk kosmetik ke pasar Indonesia. Tanpa adanya agen lokal importir tidak akan mendapatkan sertifikat izin impor.

2. Mendapatkan Distributor Berizin dan Lisensi

Agar dapat mengirimkan kosmetik melalui jasa pengiriman barang dari Inggris ke Indonesia dan berbagai negara lainnya, maka harus mendapatkan distributor dengan izin dan lisensi resmi. Tidak mudah menemukannya dan Anda memerlukan agen lokal untuk membantu dalam langkah ini.

Dalam regulasi baru peraturan impor kosmetik terdapat aturan bahwa hanya produk yang terdaftar di distributor resmi yang dapat dijual di pasaran.

3. Daftarkan Setiap Produk ke BPOM

Selanjutnya, sebagai importir Anda harus mendaftarkan setiap produk kosmetik yang dipasarkan ke Badan Pengawas Obat dan Makanan atau BPOM. Sebelum bisa diedarkan BPOM akan melakukan uji coba untuk melihat apakah produk tersebut aman untuk diperjualbelikan.

Izin sebuah produk yang dikeluarkan oleh BPOM hanya bertahan selama 3 tahun. Setelah masa itu izin harus diperbaharui dan BPOM akan melakukan uji coba kembali.

4. Memenuhi SNI

Langkah selanjutnya adalah memastikan semua kosmetik yang diimpor memenuhi standar nasional Indonesia. Oleh sebab itu, akan dilakukan tes produk sebelum memperbolehkan atau tidak produk dipasarkan.

5. Bayar Bea Masuk

Langkah terakhir adalah melakukan pembayaran bea masuk terhadap produk kosmetik yang didatangkan dari luar negeri. Importir harus membayar bea masuk 10% untuk produk yang didatangkan.

Peraturan yang dibuat pemerintah sejatinya untuk memberi perlindungan kepada masyarakat Indonesia, bukan untuk mempersulit importir. Oleh sebab itu, ikuti setiap langkah dengan benar. Jangan lupa untuk memilih jasa pengiriman barang dari Inggris ke Indonesia yang memberikan jaminan keamanan, kualitas tetap terjaga, dan harga bersahabat.

Sumber:

  1. https://jasaparalegal.co.id/ingin-menjual-kosmetik-impor-di-indonesia-daftar-dulu-izin-edarnya-di-bpom/
  2. https://www.cekindo.com/id/blog/regulasi-terbaru-mengenai-ekspor-kosmetik-ke-indonesia
  3. https://www.hukumonline.com/klinik/detail/lt5a4ee304ea7e0/perlukah-izin-jika-membeli-kosmetika-dari-luar-negeri/

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *