renang-bikin-kulit-hitam-atasi-dengan-5-cara-ini

Olahraga merupakan salah satu cara untuk membuat badan tetap sehat dan bugar. Caranya, Anda bisa melakukan aktivitas jogging, senam, zumba, dan masih banyak lagi. Namun, jika Anda tidak ingin mengeluarkan keringat saat berolahraga, berenang adalah solusinya. Selain menyehatkan badan, berenang juga bisa membuat pikiran lebih rileks. Ini tentu saja bisa tercapai dengan maksimal jika Anda menggunakan perlengkapan renang.

Meskipun tidak mengeluarkan keringat, renang bisa membuat kulit Anda menghitam. Ini diakibatkan oleh paparan sinar matahari langsung yang mengenai kulit. Kaum laki-laki biasanya tidak terlalu mempermasalahkan hal ini. Lain halnya dengan perempuan yang cenderung lebih peduli merawat kulitnya agar senantiasa cerah dan sehat.

Untuk mencegah terjadinya penggelapan pada kulit saat berenang, sebaiknya Anda memperhatikan lima tips di bawah ini.

1. Menggunakan Tabir Surya Sebelum Renang

Tips pertama agar kulit tidak menghitam saat renang adalah menggunakan tabir surya. Tips ini cukup ampuh untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari langsung serta zat kaporit yang bisa membuat kulit iritasi. Gunakan tabir surya anti air dengan kandungan SPF tinggi. Anda bisa mengoleskannya setiap dua jam sekali. Jangan malas jika ingin kulit Anda tetap terlindungi.

2. Berenang di Tempat yang Teduh

Setelah menggunakan tabir surya, pastikan pergerakan renang Anda tidak mendekati paparan sinar matahari. Anda bisa bergerak di area yang terlindung dari sinar matahari alias berlindung di balik kanopi yang menutupi area kolam renang. Ini tentu saja berlaku bagi sebagian kolam renang saja.

Oleh karena itu, pilihlah kolam renang indoor jika Anda ingin terhindar dari paparan sinar matahari. Jika di sekitar Anda tidak Anda, pilihlah kolam renang outdoor yang memiliki pelindung sejenis kanopi di atasnya.

3. Menggunakan Pakaian Renang Tertutup

Busana yang digunakan sangat mempengaruhi pergerakan saat renang. Semakin sederhana dan ringan busananya, semakin leluasa juga pergerakannya. Namun, jika Anda ingin kulit tetap cerah dan terlindung dari sinar matahari, gunakanlah pakaian renang tertutup. Perlengkapan renang busana tertutup tidak sulit dicari karena sudah banyak dijual di toko online dengan harga yang lebih terjangkau.

Namun, Anda tidak disarankan untuk menggunakan baju tertutup khusus untuk sehari-hari. Ini dikarenakan beban tubuh akan menjadi lebih berat, sehingga pergerakan saat renang menjadi tidak leluasa.

4. Segera Mandi Setelah Berenang

Mandi setelah berenang sangatlah dianjurkan. Selain bisa membuang kotoran serta zat klorin, mandi juga bisa membuat kulit kembali cerah. Untuk itu, gunakan sabun dan sampo saat mandi. Bilas seluruh tubuh sampai bersih hingga badan terasa lebih lembut dan bersih. Jika perlu, gunakan penggosok tubuh agar kotoran yang menempel pada badan terangkat lebih mudah.

5. Menggunakan Masker Setelah Berenang

Agar kulit tidak tidak hitam dan iritasi akibat paparan sinar matahari dan zat klorin pada air kolam, gunakan masker setelah berenang. Anda bisa menggunakan masker pepaya, tomat, madu, dan lain sebagainya yang memiliki fungsi mencerahkan.

Gunakan masker selama lima belas menit saja, lalu bilas sampai bersih. Lakukan secara berkala agar kulit menjadi lebih sehat dan cerah setelah berenang.

Itulah lima tips agar kulit tidak menggelap saat renang. Selain dengan lima cara di atas, Anda bisa menggunakan perlengkapan renang seperti kacamata, baju renang, dan lain sebagainya untuk melindungi kulit. Anda bisa membelinya dengan harga lebih murah di toko online. Beli sekarang juga agar kulit tetap sehat saat renang!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here