sehat-bersama-sehatq-com-4-hal-yang-perlu-anda-ketahui-jika-ingin-operasi-gigi-bungsu

Gigi bungsu merupakan 4 buah gigi geraham yang tumbuh paling akhir. Keberadaan gigi bungsu ini seringkali menimbulkan masalah, seperti pembengkakan hingga pendarahan, sehingga dibutuhkan tindakan untuk mencabutnya. Dilansir dari laman SehatQ.com, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui jika ingin melakukan operasi gigi bungsu ini.

Apa saja hal-hal yang perlu Anda ketahui ini? Berikut ulasannya.

1. Operasi gigi bungsu perlu dilakukan jika…

Sebenarnya, tidak semua orang harus mencabut atau melakukan operasi pada gigi bungsunya jika keadaannya baik-baik saja. Anda perlu melakukan operasi gigi bungsu jika muncul kondisi berikut ini:

Gigi bungsu mengalami rasa sakit dan nyeri

Mengalami bengkak

Mengalami infeksi

Muncul kista atau tumor

Makanan yang dikonsumsi mudah terselip di gigi bungsu

Gigi bungsu berlubang dan mengalami pembusukan

Namun Anda tidak diperkenankan melakukan diagnosa sendiri. Anda perlu mengkonsultasikannya dengan dokter gigi Anda terkait tindakan medis yang perlu dilakukan. untuk bertemu dengan dokter gigi, Anda bisa menggunakan aplikasi SehatQ.com untuk membuat janji temu.

2. Jenis bius yang digunakan

Untuk melakukan operasi gigi geraham bungsu, setidaknya ada 3 jenis bius yang digunakan, yaitu:

Bius lokal

Yaitu bius yang hanya bekerja di sekitar area gigi bungsu. Jadi, bius jenis ini akan membuat Anda tetap sadar namun mati rasa di area yang perlu dibedah.

Bius sedasi

Yaitu bius yang akan mengurangi kesadaran Anda namun tidak sepenuhnya. Anda juga akan diberikan bius lokal agar area di sekitar gigi geraham tidak terasa sakit.

Bius total

Yaitu bius yang memungkinkan Anda akan tidak sadar sepenuhnya.

3. Lamanya waktu penyembuhan

Yang juga perlu Anda tahu adalah terkait lamanya waktu penyembuhan. Umumnya, penyembuhan operasi gigi bungsu memakan waktu kurang lebih 7-10 hari hingga benar-benar pulih. Namun, bukan berarti Anda tidak bisa melakukan aktivitas seperti biasanya. Setelah keluar dari rumah sakit dan menjalani proses recovery, Anda bisa mulai beraktivitas seperti biasa.

4. Instruksi setelah operasi

Setelah operasi, dokter biasanya akan memberikan beberapa instruksi yang harus Anda jalani. Hal ini penting agar tidak terjadi lagi permasalahan yang timbul selama proses penyembuhan, baik itu berupa nyeri, bengkak, atau perdarahan.

Biasanya, instruksi yang diberikan berupa :

Disarankan untuk mengkonsumsi obat anti nyeri atau antibiotik sesuai anjuran

Mengkonsumsi makanan yang lembek dan mudah dikunyah serta menghindari konsumsi jenis makanan pedas, panas, makanan yang terlalu padat, minuman bersoda, mengandung alkohol atau kafein

Tidak disarankan minum dengan menggunakan sedotan selama kurang lebih seminggu setelah operasi.

Nah, itulah 4 hal yang perlu Anda ketahui jika Anda ingin melakukan operasi gigi bungsu. Untuk melakukan tindakan operasi, Anda perlu konsultasi terlebih dahulu dengan dokter ahlinya. Setelah operasi, Anda juga perlu konsultasi atau memeriksakan diri untuk kontrol kondisi.

Jika Anda ingin membuat janji temu dengan dokter, baik untuk keperluan konsultasi atau memeriksakan diri, Anda bisa menggunakan laman SehatQ.com. Dengan laman ini, Anda bisa membuat janji temu tanpa harus antri di rumah sakit atau klinik.

Selain membuat janji temu melalui aplikasi, Anda juga bisa menggunakan aplikasi ini untuk mencari berbagai informasi di dunia kesehatan, membeli dan mendapatkan info tentang obat-obatan medis, dan hal-hal lainnya yang berkaitan dengan dunia kesehatan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here