Ragam Penyakit yang Ditangani Dokter Spesialis Saraf

  • Whatsapp

Saat mengalami gangguan kesehatan dan harus memilih dokter, maka kita harus melihat kesesuaian penyakit serta dokter yang akan menangani. Setiap dokter memiliki spesialiasi yang berbeda-beda, khususnya untuk dokter yang sudah menyelesaikan pendidikan spesialis. Termasuk dokter spesialis saraf yang punya lingkup penanganan penyakit-penyakit berhubungan dengan kesehatan saraf.

Read More

Penyakit yang Ditangani Dokter Saraf

Tentu saja saat ingin memilih dokter Anda harus memahami kondisi tubuh terlebih dahulu. Bila perlu periksakan diri ke dokter umum baru ke dokter spesialis agar tepat sasaran. Berikut adalah beberapa contoh penyakit yang dapat ditangani oleh dokter saraf:

1. Epilepsi

Bagi Anda yang menderita gejala-gejala epilepsi bisa langsung mengunjungi dokter saraf. Epilepsi merupakan kondisi dimana tubuh seseorang akan mengalami kejang berulang. Kondisi ini dapat menyebabkan terjadinya kerusakan di dalam otak. Saat serangan epilepsi terjadi biasanya pasien akan sulit mengontrol gerak tubuhnya.

Mereka yang menderita stroke dan punya riwayat genetik memiliki risiko tinggi terkena penyakit epilepsi. Selain itu cedera pada kepala juga bisa menjadi salah satu faktor yang memicu kondisi ini. Gejala yang diperlihatkan adalah kejang-kejang, pandangan kosong, dan seringkali menimbulkan kehilangan kesadaran pada beberapa orang.

2. Tremor

Gangguan saraf lainnya yang bisa Anda konsultasikan ke dokter saraf adalah tremor. Kondisi ini sebenarnya sangat umum terjadi namun bisa bertambah parah pada sebagian orang apabila tidak ditangani dengan tepat. Tremor merupakan gangguan di bagian otak yang menyebabkan otot kesulitan mengendalikan fungsinya. Kontraksi otot tidak terkendali ini menyebabkan bagian tubuh menjadi gemetar.

Tremor sebenarnya bisa terjadi karena beragam jenis penyebab. Biasanya dialami karena terjadinya gangguan kecemasan, riwayat genetik, pengaruh usia lanjut, kelelahan otot, juga hipoglikemia. Orang-orang yang menderita penyakit parkinson, stroke, serta cedera kepala juga berpotensi menderita tremor.

3. Saraf Terjepit

Anda juga bisa menghubungi dokter spesialis saraf jika menderita kondisi saraf terjepit. Saraf terjepit disebut juga HNP atau hernia nucleus pulposus. Kondisi ini terjadi akibat bantalan antar tulang belakang menonjol dan menekan saraf yang berada di sekitarnya. Gejalanya adalah muncul rasa nyeri, kesemutan, hingga terjadi kelemahan otot.

4. Stroke

Dokter saraf juga akan menangani pasien dengan kondisi stroke. Penyakit yang satu ini sangat populer menyerang masyarakat di Indonesia terutama yang berusia lanjut. Stroke merupakan kondisi dimana aliran darah menuju otak terganggu sehingga menyebabkan penyumbatan bahkan pecah pembuluh darah. Akibatnya sebagian sel-sel otak akan mati dan tidak bisa mengendalikan bagian tubuh dengan baik.

Sebenarnya jenis penyakit ini juga bisa menyerang mereka yang berusia muda. Faktor penyebabnya sangat beragam bisa karena komplikasi diabetes, hipertensi, penyakit jantung, sleep apnea, dan lain sebagainya. Faktor risiko gaya hidup juga bisa menyebabkan stroke seperti kebiasaan merokok juga minum alkohol.

5. Migrain

Nyeri kepala yang berlebihan juga perlu mendapatkan penanganan dari dokter saraf. Salah satu nyeri kepala yang sering dijumpai di masyarakat adalah migrain atau sakit kepala sebelah. Migrain merupakan kondisi dimana nyeri kepala terjadi di satu sisi kepala saja. Biasanya dipicu oleh stres, perubahan hormon, pola makan, dan lain sebagainya.

Itulah tadi beberapa contoh jenis penyakit yang masuk ke kategori penanganan dokter saraf. Anda bisa menemukan dokter saraf terbaik lewat rekomendasi dari SehatQ. SehatQ merupakan layanan kesehatan online yang menyediakan banyak fitur bermanfaat. Salah satunya fitur chat dokter yang memfasilitasi Anda untuk berkomunikasi dengan dokter-dokter profesional.

Sumber:

https://www.halodoc.com/kesehatan/migrain

https://www.halodoc.com/artikel/begini-peran-dokter-spesialis-neurologi

https://www.halodoc.com/kesehatan/stroke

https://www.klikdokter.com/penyakit/saraf-terjepit

https://www.alodokter.com/tremor

https://www.halodoc.com/kesehatan/epilepsi

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *